Skip to content

Mengintip Keamanan dari Jasa Pengiriman Benda Tiki

Jasa pengiriman benda ataupun ekspedisi mempunyai kedudukan vital di kehidupan warga dikala ini. Gimana tidak, terdapat jasa pengiriman membuat orang tidak butuh repot- repot mengantar benda ke tujuan. Terlebih, bila tempat yang dituju jauh posisinya.

Jasa pengiriman benda pula mempunyai makna yang besar untuk pebisnis. Terlebih buat masa perdagangan digital semacam ini dengan orang dagang serta pembeli tidak butuh bertatap muka. Asal, benda hingga ke konsumen dengan kondisi baik serta tidak terdapat permasalahan dalam pembayaran.

Tetapi pantas dikenal, pengiriman benda oleh penyedia jasa pengiriman benda tidak simpel. Banyak proses mesti dilewati sehingga benda tidak salah kirim, tidak cacat, tetapi hingga ke tujuan pas waktu.

jasa ekspedisi bersama dengan awak media lain memperoleh peluang buat langsung melihat proses pengiriman benda ini. Kami berkunjung ke Kantor M1 di Kawasan Lapangan terbang Soekarno Hatta Tangerang kepunyaan PT Citra Van Titipan Kilat ataupun diketahui dengan Tiki.

M1 ialah bagian terutama dari pengiriman benda Tiki. Lantaran beberapa barang yang berasal dari di Jakarta bermuara di tempat ini. Setelah itu, benda tersebut dikirim ke wilayah di luar Jakarta apalagi hingga luar negara. Terdapat 2 tata cara pengiriman, ialah memakai jalan darat serta hawa.

Traffic& Network Junior Director Tiki, Ahmad Ferwito menerangkan, beberapa barang yang berasal dari Jakarta dikumpulkan terlebih dulu di M1. Tidak hanya dari counter, benda yang masuk pula berasal dari mitra Tiki ialah para pelakon e- commerce.

” Jika benda Jakarta tersentral pusat di mari,” kata ia di posisi, Tangerang, Kamis( 18/ 5/ 2017).

Tiki mempraktikkan sistem yang ketat di kawasan M1. Petugas yang masuk mempunyai akses spesial. Setelah itu, petugas tidak diperkenankan bawa benda individu. Karena itu, benda petugas mesti dimasukkan ke loker yang telah disediakan.

Ferwito menerangkan, benda yang dikirim ke M1 dalam kondisi tersegel. Perihal ini buat membenarkan bila benda yang masuk dalam kondisi utuh.” Seluruh benda disegel, dengan no sendiri,” ucap ia.

Bukan cuma itu, paket yang masuk ke M1 pula sudah diberi label barcode. Barcode itu cuma dapat dibaca dengan portable informasi halte( PDT). Sehabis terbaca, hingga petugas dapat memandang jumlah benda dari paket- paket tersebut.

” Tidak cuma barcode, tetapi terdapat QR code buat melacak status kirimannya di website,” ucap ia.

Sehabis masuk, beberapa barang ini hendak hadapi proses berikutnya ialah pembelahan. Benda dibedakan jadi 2 kelompok ialah masuk terpal( MT) serta luar terpal( LT).

Benda LT ialah benda yang tidak butuh dibongkar lagi. Umumnya, benda ini mempunyai dimensi yang besar. Benda LT pula tidak banyak melewati proses.

Sedangkan, benda MT mesti melewati proses yang lebih panjang. Benda MT umumnya berdimensi kecil. Benda tersebut setelah itu dibongkar lagi buat dipisah- pisahkan bersumber pada tipe benda serta posisi tujuan benda.

” Kala ditemukan tidak penuhi standar, petugas hendak melaksanakan pengemasan ulang,” kata ia.

Setelah itu, benda itu disatukan dikemas jadi satu kelompok lagi( terpal). Pada fase ini, petugas siap buat mengirimkan beberapa barang ke posisi.

” Segala petugas diberitahu di layar monitor buat diberangkatkan,” ungkap ia.

Benda ini hendak diberangkatkan lewat 2 skema ialah hawa serta darat. Spesial buat pengiriman hawa, pengecekan lebih ketat.

Saat sebelum dikirim, beberapa barang hendak ditilik memakai x- ray. Benda ini sendiri ditilik oleh regulated agent( RA). RA ialah pihak independen yang menemukan persetujuan dari regulator ialah Departemen Perhubungan( Kemenhub).

” Banyak tipe benda yang membahayakan pesawat semacam cat, baterai yang jumlahnya banyak, itu airlines tidak hendak menerima. Semacam narkoba, kita saring di mari kala barangnya tidak cocok ketentuan kami. Di sinilah cek akhir kami,” ungkap ia.

Ia bilang, bila benda yang dikirim berlawanan dengan syarat penerbangan hingga benda hendak ditolak ataupun dipulangkan. Bila benda yang dikirim berbenturan dengan ketentuan hukum hingga ditindak dengan memberi tahu ke pihak berwajib.

” Jika sifatnya narkoba, kami tidak konfirmasi pengirim, tetapi kepolisian,” tutur ia.

Sehabis melewati proses ini, beberapa barang siap dikirimkan ke posisi tujuan, baik melalui darat ataupun hawa. Tiki mengupayakan benda yang dikirim cocok dengan syarat produk ataupun layanan.

Published inKirim Barang

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *