Skip to content

Bandung Tour: 5 Destinasi Wajib Dikunjungi di Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi besar di Indonesia. Tak hanya terkenal dengan hawanya yang sejuk, provinsi dengan ibukotanya Bandung ini memiliki banyak sekali objek wisata alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Berikut lima objek wisata yang harus Anda kunjungi selama berada di Bandung dan sekitarnya.

1. Gunung Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu, gunung berapi aktif yang terletak 25 km sebelah utara Bandung, adalah salah satu obyek wisata paling populer di Jawa Barat. Anda bisa mendaki atau naik ke tepi kawah gunung berapi untuk menemukan mata air panas tempat Anda bisa merebus telur di sana. Ada tiga kawah yang dimiliki gunung berapi: Kawah Ratu (Kawah Ratu), Kawah Domas (Kawah Domas), dan Kawas Upas (Kawah Upas). Gunung Tangkuban Perahu sangat erat kaitannya dengan cerita rakyat Sunda, Sangkuriang.

2. Pertunjukan Angklung
Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia. Instrumen ini terbuat dari beberapa kelompok tabung bambu berukir yang dipasang pada kerangka bambu. Di Jawa Barat, salah satu sanggar angklung yang paling populer adalah Saung Angklung Udjo yang terletak di pinggiran kota Bandung. Sanggar tersebut milik musisi angklung ternama Udjo Nalagena. Selain memamerkan pertunjukan angklung harian, Saung Angklung Udjo juga menyediakan bengkel, pusat kerajinan tangan, dan museum hidup untuk Anda pelajari lebih lanjut.
angklung.

3. Museum Geologi Bandung
Museum ini merupakan pusat geologi terbesar dan terlengkap di Indonesia. Museum yang terletak di Jalan Diponegoro ini pertama kali dibuka pada tahun 1929 oleh penjajah Belanda. Dengan tiga ruang utama Perwakilan RI (geologi Indonesia, sejarah kehidupan, dan geologi kehidupan manusia), terdapat sekitar 60.000 fosil dan 250.000 batu dan mineral yang dipamerkan. Sejak tahun 2006, museum dibuka gratis untuk pengunjung.

4. Pemandian Air Panas Ciater
Mandi di pemandian air panas dikenal dapat membantu menyembuhkan dan meredakan beberapa penyakit dan penyakit seperti nyeri rematik dan masalah kulit. Anda dapat menikmati pemandian air panas di Pemandian Air Panas Ciater secara pribadi di bilik yang dapat dikunci atau secara bersama di kolam renang umum. Kompleks Pemandian Air Panas Ciater seluas lima hektar ini juga menawarkan atraksi lain seperti menunggang kuda, panahan, dan spa. Untuk kunjungan yang lebih lama, Anda bisa menginap di salah satu bungalow yang tersedia.

5. Gedung Sate
Sastra berarti ‘gedung sate’ dan didirikan pada tahun 1920 sebagai Gouverments Bedrijven (GB), Gedung Sate pernah digunakan sebagai Kantor Pusat Pemerintah Provinsi Jawa Barat sekaligus Rumah Perwakilan Jawa Barat. Bangunan yang menjadi landmark kota Bandung ini memiliki ciri khas struktur berbentuk sate kecil pada bagian atapnya. Mirip dengan Museum Geologi Bandung, Gedung Sate juga terletak di Jalan Diponegoro.

Published inBerita

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *