Skip to content

Metode Menjaga Burung Hantu Celepuk yang Sangat Mudah

Untuk para pecinta burung hantu ataupun untuk para petani, burung hantu celepuk ialah salah satu burung yang tidak asing lagi.

Hewan nokturnal ataupun hewan yang aktif pada malam hari ini kerap dijadikan bagaikan hewan peliharaan ataupun dijadikan bagaikan pembasmi hama. Hingga dari itu, hewan ini banyak sekali dipelihara.

Untuk yang mau memelihara burung ini, alangkah baiknya mengenali cara- cara merawatnya. Ada pula metode menjaga burung hantu celepuk antara lain bagaikan berikut.

Metode Menjaga Burung Hantu Celepuk

1. Tidak Memakai Kandang Yang Berdimensi Kecil

Metode menjaga burung hantu celepuk yang awal merupakan dengan tidak memakai kandang yang berdimensi kecil. Perihal tersebut sebab burung hantu celepuk sendiri menggemari kandang yang berdimensi luas.

Hingga dari itu, Alamburung.com yakinkan kandang yang digunakan buat burung hantu celepuk ialah kandang yang berdimensi luas. Supaya burung celepuk sendiri merasa betah serta aman.

Kandang yang luas sendiri sangat berguna sekali untuk burung hantu celepuk. Perihal tersebut disebabkan watak burung hantu celepuk yang tetap bergerak bersumber pada moodnya. Bila burung hantu celepuk tidak bebas bergerak, hingga dia hendak merasa stress yang diisyarati dengan tidak ingin makan.

Walaupun kandang burung hantu celepuk terbuat dengan dimensi yang besar, tetapi jangan kurang ingat buat mengikatkan tali pada kakinya dan perkenankan sesekali burung hantu celepuk menghisap hawa leluasa di luar kandang.

2. Upayakan Letakkan Kandang Pada Tempat Yang Teduh

Tidak hanya membuat dimensi kandang yang besar buat burung hantu celepuk, upayakan penempatan kandang sendiri pada tempat yang teduh. Sebagaimana yang dikenal, kalau burung hantu celepuk ini sendiri sama halnya dengan burung hantu yang lain yang aktif pada malam hari.

Hingga dari itu supaya burung hantu celepuk merasa aman serta nyaman di dalam kandang, hingga letakkanlah kandang pada tempat yang teduh serta tidak sangat terserang cahaya matahari.

Sebaliknya buat malam hari, bila tempat burung hantu celepuk memiliki sinar penerangan lampu, hingga hendaknya lampu dimatikan saja. Perihal tersebut supaya membuat hewan nokturnal yang satu ini betul- betul merasa aman, terlebih pada dikala malam hari.

Tidak hanya itu, perihal yang mesti dicermati pada dikala pagi hari jangan membandingkan burung hantu celepuk dengan burung yang lain yang bahagia sangai di pagi hari. Bila mau dijemur, hingga jalani cuma sesekali saja.

3. Perhatikan Pakan Yang Diberikan

Semacam halnya dengan burung yang lain, pemberian pakan pada burung celepuk jadi salah satu perihal yang wajib dicermati dalam penjaannya.

Buat burung hantu celepuk yang berusia masih muda ataupun berumur dekat 3 bulan, hingga berilah jangkrik sebanyak 7 ekor. Pemberian pakan sendiri dicoba sebanyak 2 kali ialah pada pagi serta sore hari dengan keadaan jangkrik yang masih bagus serta fresh.

4. Melindungi Kebersihan Kandang

Tidak hanya ke 3 metode di atas, metode menjaga burung hantu celepuk yang berikutnya merupakan dengan melindungi kebersihan kandang. Kandang dari burung hantu celepuk sendiri wajib tetap dibersihkan tiap harinya.

Perihal tersebut disebabkan burung hantu celepuk sendiri ialah burung predator yang tidak memiliki gigi. Sehingga santapan yang hendak dia makan umumnya dicabik- cabik terlebih dulu oleh paruhnya.

Tidak hanya itu, burung hantu sendiri hendak memakan potongan- potongan santapan yang berdimensi kecil. Sebaliknya buat santapan yang sulit di cerna, umumnya burung hantu celepuk hendak langsung dimuntahkan dari mulutnya.

Dari perihal tersebut, hingga untuk yang mau memelihara burung hantu celepuk wajib teratur mensterilkan kandang tiap harinya. Dengan kandang yang tetap bersih tidak hanya membuat burung aman, pastinya dapat membuat burung lebih sehat.

5. Memandikan Burung Secara Rutin

Tidak hanya mensterilkan kandang secara teratur, dalam perawatan burung hantu celepuk yakinkan supaya tetap teratur memandikannya. Memandikan burung hantu celepuk secara teratur sendiri dapat kurangi tingkatan kesetressan sang burung.

Ada pula metode memandikan burung hantu celepuk sendiri sangat gampang ialah lumayan menyemprotkan air pada burung. Walaupun burung hantu celepuk wajib dimandikan secara teratur bukan berarti wajib memandikannya tiap hari, tetapi lumayan satu kali saja dalam seminggu.

6. Upayakan Membagikan Pakan Dengan Tangan

Dalam pemberian pakan sendiri, upayakan semacam menyuapi seseorang balita ialah dengan memakai tangan. Supaya jalinan batin antara burung hantu celepuk serta sang pemelihara dapat kilat terjalin.

Tetapi bila perihal tersebut dirasa tidak membolehkan ataupun merasa masih khawatir terserang dengan paruhnya yang tajam, hingga dapat memakai metode yang jauh lebih nyaman. Ada pula triknya sendiri ialah dengan menusukkan jangkrik pada ujung lidi yang berdimensi panjang. Sehabis itu berikanlah pada burung hantu celepuk supaya dia memakannya.

Published inBerita

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *