Skip to content

3 Jenis Pemimpin

“Kepemimpinan” tampaknya menjadi salah satu dari kata-kata yang dilontarkan hari ini dengan cara yang terlalu banyak digunakan. Tidak seperti “kesuksesan” dan “motivasi” dan “di luar kotak.” Apa sih sebenarnya arti kata-kata itu? Jawabannya terletak pada sedikit variasi dari pertanyaan itu; apa arti kata-kata itu bagimu?

Satu perspektif tentang “kepemimpinan” adalah bahwa ada 3 jenis “pemimpin.”

Yang pertama adalah pemimpin dengan gelar. Jika Anda pergi ke ruang kelas TK di negara ini, guru memilih “pemimpin” setiap hari. Untuk menjadi “pemimpin,” seseorang tidak harus memiliki keterampilan atau pengetahuan atau kredensial khusus. Mereka hanya perlu menjadi yang pertama yang mengantri hari itu. Mereka adalah “pemimpin.” Lalu apa yang guru katakan kepada anak-anak lain di kelas? Itu benar … “ikuti pemimpinnya.” Sekarang, di taman kanak-kanak, mengikuti pemimpin adalah cara yang efisien dan biasanya efektif untuk memindahkan beberapa anak secara teratur. Namun, di masa dewasa, mengikuti pemimpin yang tidak lebih dari “pemimpin” dalam jabatan sering kali tidak efisien dan tidak efektif.

Tipe kedua adalah pemimpin yang baik. Ada orang-orang yang telah dimasukkan ke dalam peran kepemimpinan semacam yang menghormati tim mereka, tim mereka menghargai mereka, mereka memiliki hal-hal yang perlu mereka capai, dan mereka mencapai hal-hal itu. Agak efisien. Agak efektif. Itu Pemimpin Masa Depan adalah apa adanya.

Tipe ketiga adalah pemimpin yang hebat. Tidak ada lompatan jauh dari baik ke hebat seperti yang mungkin Anda pikirkan. Perbedaannya cukup sederhana. “Pemimpin besar” tidak menciptakan pengikut; “Pemimpin besar” menciptakan pemimpin lain. Baris terakhir itu layak dibaca kembali. Bagaimana mereka melakukannya? Tipe pertama “pemimpin” melewati gerakan dan hanya “berjalan anjingnya” setiap hari. Tipe kedua “pemimpin” menempatkan upaya nyata dan benar untuk “memimpin” tim pengikut. Dia sering pandai “membuat orang lain melakukan sesuatu” dan “memastikan orang lain sedang bertugas.” “Kepemimpinan yang hebat” tidak ada hubungannya dengan melihat ke bahu orang dan lebih banyak berhubungan dengan memberdayakan orang lain untuk melihat ke bahu mereka sendiri.

Tentu saja, kita semua tahu bahwa jika Anda memberi seorang pria ikan, Anda memberinya makan untuk hari itu, tetapi jika Anda mengajarinya cara memancing, Anda memberinya makan selama sisa hidupnya. Itulah calon walikota medan 2020 perbedaan antara “pemimpin besar” dan “pemimpin” lainnya.

Pemimpin seperti apa kamu? Anda mungkin memegang banyak gelar kepemimpinan dalam hidup Anda: Direktur, Manajer, Ibu, Ayah, Teman, Pelatih, Guru, Pemilik Bisnis. Apakah Anda anjing berjalan atau Anda memberdayakan orang lain? Jika Anda tidak yakin dengan jawabannya … lihat hasil yang Anda dapatkan. Mereka akan meneriakkan jawaban untuk Anda.

Dapatkan kejelasan. Dapatkan bergerak. Dapatkan hasil.

Secara profesional, Robin adalah jurnalis pemenang penghargaan, penulis drama, penulis, pembicara, dan motivator pemenang penghargaan. Secara pribadi dia adalah seorang ibu, istri, dan teman.

Published inbobby nasution

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *