Skip to content

Metode Umum yang Digunakan dalam Pengobatan Sindrom Carpal Tunnel

Untungnya, sebagian besar pasien yang menerima perawatan untuk sindrom carpal tunnel mengalami kelegaan penuh dari kesemutan, mati rasa, dan rasa sakit yang disebabkan oleh gejala mereka. Metode perawatan yang digunakan didasarkan pada keparahan kondisi, preferensi pasien, nyeri punggung dan perawatan tanpa operasi dan apakah ada kondisi medis yang mendasari yang menyebabkan gejala. Berbagai perawatan yang digunakan fokus pada mengurangi tekanan dan pembengkakan di sekitar saraf median.

Imobilisasi dengan Belat atau Brace dan Obat Antiinflamasi

Biasanya bentuk perawatan pertama termasuk penggunaan belat pergelangan tangan yang dipakai di malam hari untuk menjaga pergelangan tangan tetap bergerak dan dalam posisi yang netral sehingga pergelangan tangan tidak tertekuk ke belakang atau ke depan.

Ini mengurangi tekanan pada saraf median yang menyebabkan gejala kesemutan dan mati rasa yang terjadi di jari dan pergelangan tangan yang membuat banyak penderita tetap terjaga di malam hari. Kawat gigi atau belat pergelangan tangan ini juga dapat digunakan pada siang hari dan beberapa individu dengan terowongan karpal mengalami kelegaan total dari gejala mereka ketika menggunakan kawat gigi atau belat ini.

Penggunaan obat anti-inflamasi yang tidak termasuk steroid mungkin bermanfaat bagi beberapa orang yang mengalami gejala terowongan karpal karena pembengkakan atau radang tendon karpal. Ini biasanya bekerja paling baik bila dikombinasikan dengan metode perawatan lain.

Jika tidak ada peradangan, anti-inflamasi ini tidak akan membantu juga tidak membantu mengurangi gejala mati rasa, kesemutan atau kelemahan. Pertimbangan harus diambil juga dari fakta bahwa “obat antiinflamasi nonsteroid” atau “NSAID” ini memiliki potensi efek samping berbahaya dengan penggunaan jangka panjang.

Suntikan dan Operasi Cortisone untuk Carpal Tunnel

Suntikan kortison juga dapat digunakan pada beberapa pasien dengan terowongan karpal. Ini biasanya diberikan ketika bentuk pengobatan lain telah gagal termasuk belat pergelangan tangan, obat anti-inflamasi, atau dalam kasus-kasus seperti “terowongan karpal terkait kehamilan”.

Kortison mengurangi peradangan pada membran dan tendon yang membengkak di sekitar area saraf median yang mengurangi tekanan yang menyebabkan sebagian besar gejala pada terowongan karpal. Perawatan ini biasanya bebas dari efek samping karena sejumlah kecil kortison sebenarnya digunakan dan injeksi berlangsung selama enam bulan dan dalam beberapa kasus bahkan lebih lama.

Suntikan ini dapat diulang jika gejalanya berulang; Namun, ini tidak dapat digunakan lebih dari satu kali per enam minggu. Iontophresis adalah metode lain yang sekarang digunakan dalam memberikan perawatan kortison dan memanfaatkan arus listrik untuk menyebarkan obat langsung ke terowongan karpal melalui kulit. Ini adalah cara yang jauh lebih menyakitkan daripada suntikan; Namun, terapi pengobatan hnp pada beberapa individu metode ini mungkin tidak efektif.

Opsi Bedah untuk Terpal Carpal

Pada kasus carpal tunnel yang parah, prosedur bedah mungkin diperlukan untuk mengurangi tekanan dari saraf medianus. Prosedur ini disebut “rilis terowongan karpal”. Ada beberapa cara prosedur ini dapat dilakukan yang meliputi sayatan terbuka atau operasi endoskopi.

Operasi ini melibatkan pemotongan ligamentum karpal untuk mengurangi tekanan pada saraf median. Ini biasanya dilakukan pada pasien rawat jalan dan sangat berhasil dalam menghilangkan gejala pada sebagian besar individu.

Published inKesehatan

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *